Profil

Profil (51)

Payakumbuh| www.kampus2.fekon.unand.ac.id

Rabu /8/11/2023| PKM Riset Sosial Humaniora merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat. PKM-RSH menitikberatkan pada unsur kreativitas dan inovasi yang bermanfaat dan berguna dalam memberikan jawaban atas permasalahan yang diangkat dengan gabungan antara bidang sosial dan humaniora yang memiliki objek riset pada fenomena sosial dan perilaku manusia yang dapat ditemui dalam kehidupan bermasyarakat Sebagai contoh riset yang dilakukan adalah fenomena sosial interaksi dalam kehidupan bermasyarakat seperti bidang ekonomi, psikologi, sosial, pendidikan, manajemen dan politik. Bidang humaniora lebih berfokus pada aspek dasar perilaku dalam kehidupan 3 masyarakat, seperti perkembangan budaya, seni, filsafat, adat istiadat, sejarah, kepercayaan atau agama, hukum dan nilai-nilai. Penggabungan antara sosial dan humaniora menggunakan paradigma penelitian berupa hubungan sebab-akibat, deskriptif konklusif, fenomenologi, hermeneutik, pascakolonial, positivistik, historis, struktural, pengembangan, dan sebagainya sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

 Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Universitas Andalas kampus Payakumbuh melakukan riset penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Pelarangan Ekspor dan Pajak Ekspor Tembaga di Indonesia dengan GTAP Model” dengan Dosen Pembimbing Putri Ayu, SE., M.Sc merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh. Dengan Anggota Tim yang diketuai oleh Farel dan anggota nya yang terdiri dari Aldi, Fandi dan Ria merupakan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh. Telah meraih PIMNAS ke 36 Tahun 2023.

 

 

 

 

 

 

 

Kamis, 30 Jun 2022 15:34

Visi PSEBI

Written by

Menjadi pusat studi yang mengembangkan civitas akademika dan peserta didik serta masyarakat agar memiliki pengetahun, wawasan dan pengalaman dasar berwirausaha sehingga dapat bekerjasama dengan dunia industri sejalan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kamis, 30 Jun 2022 15:09

Profil PSEBI

Written by

Pusat Studi Ekonomi Bisnis Dan Inovasi (PSEBI) merupakan sebuah pusat studi yang menjadi wadah para akademisi untuk mengembangkan diri melalui pelaksanaan riset, pendampingan, pembinaan, dan mengembangkan UMKM yang berada dilingkungan Universitas. Berbagai aktivitas akan dinaungi oleh PSEBI dengan tujuan untuk mengembangkan budaya riset di lingkungan kampus secara khusus dan masyarakat umumnya. Salah satu upayanya dengan memanfaatkan hasil riset tersebut untuk meningkatkan daya saing UMKM. Menumbuh kembangkan budaya melalui keberadaan PSEBI akan menciptakan perguruan tinggi yang terkemuka sesuai dengan visi dan misi Universitas Andalas. Demikian juga untuk meningkankan kompetensi dan kapabilitas dosen untuk menghasilkan hasil kajian yang bermanfaat bagi masyarakat dan industri. Serta meningkatkan peran serta Universitas Andalas untuk berkolaborasi dengan UMKM dan stakeholder yang terkait di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota khususnya dan Provinsi Sumatera Barat umumnya

Kamis, 30 Jun 2022 14:29

Latar Belakang PSEBI

Written by

Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan Daerah Tingkat II yang Mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) dengan jumlah yang relatif besar. Mulai dari UMKM makanan, pertanian, perkebunan, kerajinan (rotan, kayu, bambu dan kain). Namun UMKM disini banyak yang tidak berjalan dengan baik dan mempunyai berbagai kendala dan masalah. Kendala dan masalah yang sering dihadapi oleh UMKM ini adalah masalah modal dan akses ke perbankan serta kualitas sumber daya dari pelaku UMKM tersebut.

Dosen mempunyai tugas untuk membantu masyarakat pada umumnya dan UMKM khususnya.Hal ini sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu dimana dosen memiliki tugas mengajar, melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya Tridharma PErguruan Tinggi ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang dihadapi UMKM yang ada di Kabupaten Lima Puluh KOta dan KOta Payakumbuh.

Selasa, 21 Jun 2022 14:20

E-Book

Written by

Beberapa e-book dari Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus 2 Payakumbuh :

A. Dr. Yindrizal, SE, MM

                                                                             

Pengantar Akuntansi Untuk UMKM                                          Pengantar Akuntansi Untuk Koperasi                                  Tetap aktif dan Produktif di Masa Pendemi

 

                                                                                 

 Pembelajaran Blended Learning Dimasa Pendemi Covid-19     Implementasi Pelayanan Publik Dengan Teknologi Informasi                 Efektivitas Pembelajaran Daring 

 

                                                                                             

      Microsoft Excel Untuk Analisa Lembaran Kerja                                Implementasi Kualitas sistem Informasi Akademik                Pengantar Akuntansi Dan UMKM

 

Artikel Lainnya

                                              

           Download File di sini                                                                             Download Modul disini

 

 

 

 

 

 

 

 

Rabu, 18 Mei 2022 19:13

Jumlah Mahasiswa Terdaftar

Written by

Semester Ganjil TA 2021/2020

Semester Ganjil TA 2020/2021

 

Halaman 1 dari 4