Sejarah Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus 2 Payakumbuh

Terbentuknya Sejarah Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus 2 Payakumbuh berawal dari keluarnya persetujuan dari Dirjen Dikti membuka Kampus II di Payakumbuh bertempat di Jl.Ade Irma Suryani No. 18 Payakumbuh - Sumbar. Mahasiswa angkatan pertama berjumlah 62 (enam puluh dua) orang untuk dua program studi yaitu Ilmu Ekonomi dan Manajemen yang diterima melalui jalur Reguler Mandiri, karena karena proses pendaftaran mahasiswa barunya tidak bisa disamakan dengan SNMPTN mengingat waktunya yang berbeda , pada Tanggal 12 Nopember 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Penerimaan mahasiswa baru tahun 2010 dan 2011, baru dilakukan melalui SNMPTN melalui jalur Reguler dan Reguler Mandiri serta jalur PMDK. Pada tahun 2010 diterima sebanyak 105 orang mahasiswa untuk dua program studi ilmu ekonomi dan manajemen. Sementara pada tahun 2011 diterima mahasiswa sebanyak 102 orang melalui jalur dan program studi yang sama. Saat ini jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II telah berjumlah 260 (dua Ratus Enam Puluh) orang untuk kedua program studi.

Seiring dengan dibukanya Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, juga telah dilakukan Penerimaan staf pengajar (dosen) semenjak tahun 2009  untuk ditetapkan sebagai dosen tepat di FEUA Payakumbuh. Jumlah diosen yang diterima adalah pada tahun 2009 sebanyak 4 (empat) orang, tahun 2010 sebanyak 2 (dua) orang dan tahun 2011 berjumlah 4 (empat) orang, sehingga total penerimaan dosen tetap di FEUA Kampus II Payakumbuh berjumlah 10 (sepuluh) orang.

Disamping staf pengajar, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh juga telah menerima tenaga honorer sebanyak 7 (tujuh) orang yang betugas membantu proses belajar mengajar, terdiri dari tenaga administrasi, pustaka, keamanan dan cleaning servis, dan dengan jumlah tersebut untuk sementara waktu dirasakan pengelolaan administrasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pada tahun 2012 direncanakan perkuliahan akan dipindahkan ke Kampus baru berlokasi di Kubu Gadang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Kampus di Kubu Gadang ini nantinya akan dibangun permanen dengan luas lebih kurang 5 (lima) Hektar dan nantinya akan ditempati oleh mahasiswa Universitas Andalas yang akan dibuka di Payakumbuh. Sementara ini kampus di Kubu Gadang sudah di gunakan oleh Program Pasca Sarjana Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Sampai saat ini program studi yang telah dibuka oleh Universitas Andalas di Kampus II Payakumbuh adalah 2 (dua) program studi yaitu Program Studi Ilmu Ekonomi dan Program Studi Manajemen, yang langsung pembinaannya dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) Padang. Semua kegiatan perkuliahan dan mata kuliah yang diajarkan sebagian besar masih berpedoman kepada Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang. Sedangkan pengelolaannya diserahkan kepada petugas yang telah ditunjuk dan diangkat oleh Rektor Universitas Andalas, berdasarkan usulan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas untuk mengelola langsung kegiatan di Payakumbuh, yaitu Koordinator dan Sekeretaris Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh.

Sejalan dengan berkembangnya kampus II Payakumbuh dan meningkatnya sarana maupun prasarana yang ada, maka kampus II Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Payakumbuh juga akan menambah secara bertahap program studinya seperti Program Studi Akuntansi dan berbagai kegiatan lainnya.

Selain menjalankan proses kegiatan belajar mengajar Kampus II Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Payakumbuh juga telah berhasil melakukan berbagai kegiatan seperti Seminar, Kerjasama dengan Pemko/Kabupaten lima puluh kota dibidang koperasi dan UMKM. Dibidang sosial juga telah ikut melakukan Bhakti sosial yang membantu Panti asuhan di Payakumbuh, membantu korban lonsor di Lintau, Korban sunami di Mentawai, korban lonsor di Payakumbuh dan terakhir korban banjir di Pesisir Selatan.

Disamping kegiatan diatas, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh juga telah melakukan acara peringatan Dies Natalis 3 (tiga) tahun berdirinya Kampus tersebut pada bulan Desember 2011, dimana rangkaian acara yang dilakukan adalah peresmian koordinator BEM dan DLM, kegiatan lomba foto grafer, kegiatan olah raga dan puncak acara Malam memperingati Dies Natalis FEUA Kampus II Payakumbuh bertempat di Kampus Jl. Ade Irma Suryani No. 18 Payakumbuh yang dihadiri oleh Walikota Payakumbuh dan Muspida setempat, LKAAM, Rektor Universitas Andalas, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh serta seluruh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus. II Payakumbuh. Acara tersebut mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari Walikota dan Muspida setempat serta pimpinan lainnya

Read 190 times Last modified on Senin, 06 Maret 2017 08:43