Pengabdian IbDM 2018

                                                                                                     Dua orang Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Kampus II UNAND Payakumbuh; Syaiful Anwar dan Nelvia Iryani yang tergabung dalam tim Pengabdian IbDM Universitas Andalas 2018, melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yaitu pada salah satu UKM kerupuk Jangek di Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar.

 Penjualan kerupuk jangek yang dihasilkan mitra  pengabdian ini (Bu Yesi Delta Cori)  sudah meliputi wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbuh Propinsi Sumatera Barat. Sayangnya produk belum memiliki merek dan kemasan yang marketable. Pemasaran hanya dilakukan secara tradisional dari mulut ke mulut, bahkan tempat usaha mitra belum memiliki alat penanda lokasi sehingga mitra kesulitan dalam mengembangkan usaha miliknya. Ditambah lagi dengan manajemen usaha terutama dalam bidang keuangan yang belum terdokumentasi dengan baik, menyebabkan mitra kesulitan dalam menentukan posisi keuangan usaha miliknya.

Tujuan dari  diadakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada UKM melalui pembuatan merek dan kemasan serta memperbaiki manajemen usaha terutama dalam bidang keuangan agar daya saing produk kerupuk jangek mitra dapat meningkat.                                                    

                           

                                                                 

Secara keseluruhan dapat disimpulkan kegiatan pengabdian ini berjalan baik dan lancar. Semua kegiatan dapat diikuti dengan baik. Mitra sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dan penyuluhan yang diberikan oleh tim pengabdian. Dari hasil kegiatan dapat dievaluasi bahwa mitra mulai menyadari pentingnya merek dan kemasan serta papan nama penanda lokasi usaha untuk memperluas pemasaran. Miitra juga menyadari penggunaaan teknologi seperti mesin hand sealer dapat memperbaiki kualitas produk. Mitra juga semakin menyadari pentingnya pembukuan keuangan usaha. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan mitra dan meningkatkan penjualan produk yang diproduksinya.

 

Read 86 times Last modified on Rabu, 05 Desember 2018 09:03