Print this page

Expo KKB FEKDA UNAND 2018

29 November 2018

                                                                                                    

 

Memasuki penghujung bulan Oktober 2018, Koperasi Keluarga Besar Fakultas Ekonomi Universitas Andalas menyelenggarakan kegiatan Expo Koperasi untuk yang kedua kalinya, dimana kegiatan ini masuk dalam agenda tahunan dari KKB FEKDA UNAND. Expo Koperasi 2018 ini memiliki dua kegiatan utama, yaitu Seminar Kewirausahaan dan Bazar Enterpreneurship, yang mana penyelenggaraan kegiatan tahunan ini merupakan salah satu bentuk sumbangsih KKB FEKDA UNAND dalam mendorong minat para generasi muda untuk mengembangkan jiwa berwirausaha.

Pada tahun ini, kegiatan Expo Koperasi 2018 mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha di Era Millennial”. Panitia pelaksana kegiatan mengusung tema ini karena generasi millenials saat ini cenderung memandang berwirausaha bukan hanya sebuah kegiatan yang mendatangkan keuntungan secara material saja, tetapi saat mereka memutuskan untuk terjun ke dalam dunia wirausaha maka mereka juga telah melibatkan passion dan kreatifitas yang mereka miliki ke dalam bisnis tersebut. Namun yang menjadi masalahnya adalah generasi millennial sering kali dihadapkan pada kebingungan dalam menemukan satu hal yang menjadi passion atau kegemaran mereka dan kadang juga tidak tahu bagaimana cara mengembangkan dan memamfaatkan passion atau kegemaran yang mereka miliki menjadi sebuah usaha kreatif yang tepat dan menghasilkan nilai guna. Maka melalui kegiatan Expo Koperasi 2018, Koperasi KKB FEKDA UNAND berharap dapat memberikan motivasi dan transfer ilmu kepada generasi millennial agar dapat mengembangkan passion atau kegemaran yang mereka miliki menjadi sebuah usaha kreatif baru yang bernilai ekonomi.

 Kegiatan Expo Koperasi 2018 di awali dengan diadakannya seminar regional kewirausahaan pada tanggal 21 Oktober, dimana pada tahun ini KKB FEKDA UNAND berkesempatan untuk bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Payakumbuh dalam penyelenggaraan kegiatan seminar tersebut. Agar pemberian materi seminar bersesuaian dengan tema kegiatan Expo Koperasi 2018, pembicara yang ditunjuk untuk memberikan materi adalah salah satu wirausahawan muda Kota Payakumbuh yang mengembangkan bisnisnya dengan memamfaatkan teknologi, yakni Bapak Perdana Agusta. Selain itu, materi juga diberikan oleh Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Kota Payakumbuh, Ibuk Ezi Elfiwaty. Kegiatan Seminar yang dihadiri kurang lebih lima puluh orang peserta berlangsung seru dengan topik pembahasan berfokus pada jenis wirausaha yang dekat dengan generasi millennials dan bagaimana pemamfaatan teknologi informasi dalam berwirausaha, serta kiat sukses berwirausaha bagi generasi millennial yang baru memulai bisnisnya dalam bentuk mikro dan menengah

                                                 

Selain acara Seminar Regional Kewirausahaan, acara puncak dan merupakan acara utama dalam kegiatan Expo Koperasi 2018 pada tanggal 25 Oktober yaitu diselenggarakannya acara Bazar Enterpreneurship dan Lomba Fashion Show “Muslimah in Style”. Acara Expo Koperasi 2018 ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Bapak Yendri Bodra, Koordinator Kampus Dua Universitas Andalas, Bapak Lukman dan Ketua Umum KKB FEKDA UNAND, Saudari Ayu Indrawani, serta dihadiri oleh Ketua LPM Kubu Gadang, Perwakilan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Payakumbuh, dan Perwakilan Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh

                                                            

Setelah membuka acara Expo Koperasi 2018 secara resmi, Ketua DPRD Kota Payakumbuh beserta Ketua LPM Kubu Gadang juga menyempatkan waktu untuk mampir ke semua stan UMKM yang berlokasi di area parkir Kampus Dua Universitas Andalas. Bazar Enterpreneurship 2018 kali ini diramaikan oleh dua puluh UMKM yang bergerak dalam berbagai bidang di Kota Payakumbuh yang mendirikan stan-stan usahanya pada kegiatan ini, dan keseluruhan pemilik UMKM ini adalah para wirausahawan muda baik yang baru saja memulai usaha ataupun yang telah cukup lama terjun dalam dunia bisnis. Keberadaan stan – stan UMKM milik para wirausahawan muda ini menandakan bahwa minat berwirausaha di kalangan pemuda di Kota Payakumbuh terus mengalami peningkatan, dan adanya kegiatan Bazar Enterpreneurship 2018 diharapkan akan semakin memotivasi generasi muda lainnya untuk mulai melirik dunia bisnis atau wirausaha.

                                                      

Kegiatan Bazar Enterpreneurship 2018 semakin terasa semarak dengan diadakannya lomba Fashion Show “Muslimah in Style”. Perlombaan Fashion Show ini diikuti oleh pelajar dan mahasiswi se-Kota Payakumbuh. Dengan mengenakan pakaian muslimah terkini, para peserta melenggang memamerkan rancangan kreatif para desainer fashion di karpet merah perlombaan.

                                                      

 

Lomba Fashion Show “Muslimah in Style” di tutup dengan Botuang Show yang menampilkan rancangan busana yang menawan berbahan dasar bambu milik salah satu desainer muda Kota Payakumbuh, Fari Diano. Nama Fari Diano menjadi terkenal berkat inovasi dan kreatifitasnya dalam dunia mode, dirinya berhasil mengenali bakat yang dimilikinya dan mengembangkannya menjadi sebuah wirausaha di bidang ekonomi kreatif. Dengan pencapaian yang dilakukannya, tentu saja Fari Diano dapat dijadikan sebagai  salah satu sosok inspiratif bagi kalangan millennial untuk memulai berwirausaha berdasarkan bakat dan passion yang dimilikinya.

                                                       

            Menutup rangkaian kegiatan Expo Koperasi KKB FEKDA UNAND 2018, pada malam harinya keseluruhan panitia pelaksana kegiatan Expo Koperasi 2018 menyelenggarakan acara penutupan kegiatan yang juga sekaligus perayaan ulang tahun Koperasi Keluarga Besar Fakultas Ekonomi Kampus Dua yang ketiga tahun. Acara ini dihadiri oleh badan pengawas dan pengurus inti dari KKB FEKDA UNAND. Acara penutupan ini diadakan dengan suasana yang begitu kekeluargaan dengan adanya makan malam bersama, pemotongan kue, serta hiburan dari para anggota koperasi.

                                                                   

            Expo Koperasi KKB FEKDA UNAND 2018 meninggalkan kesan tersendiri bagi para panitia pelaksana, ada suka dan duka yang harus kami lewati untuk dapat mensukseskan rangkain acara Expo Koperasi 2018 ini. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini, serta permintaan maaf untuk kekurangan dalam penyelenggaraan yang masih terjadi di sana-sini, semoga setiap kekurangan dapat diperbaiki di masa yang akan datang sehingga kegiatan tahunan yang di selenggarakan oleh KKB FEKDA UNAND ini terus berkembang ke arah yang lebih baik kedepannya.

Read 965 times