Sosialisasi Model Pemanfaatan Media Pembelajaran Menggunakan Kahoot pada Mahasiswa

29 November 2018

                                                                   

 

Era Revolusi 4.0 yang sedang kita hadapi telah menuntut perubahan  teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan dan pembelajaran. Dunia pendidikan harus merespon berbagai kondisi yang berkembang dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut termasuk teknik dan gaya belajar. Perguruan tinggi harus mampu beradapatasi dengan perkembangan teknologi, salah satunya menjadikannya dalam proses pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, sehingga gaya belajarpun berubah.

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, melalui narasumber yang dalam hal ini Rafnis, M.Kom  selaku Pejabat Pengembang Teknologi Pertama mempresentasikan materi pembelajaran interaktif yang berjudul “Sosialisi Model Pembelajaran Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai   Pembelajaran Interaktif" Kepada Mahsiswa Prodi Ilmu Ekonomi " pada hari Selasa tanggal 20 Agustus 2018 bertempat di Ruang Perkuliahan 2E Kampus II Unversitas Andalas Payakumbuh dan pada hari Jum'at tanggal 24 Agustus 2018 bertempat di Ruang Perkuliahan 2E Kampus II Unversitas Andalas Payakumbuh Kepada Mahsiswa Prodi Managemen" 

                                                   

                                                                  Sosialisasi Pembelajaran Menggunakan Kahoot pada Mahasiswa Ilmu Ekonomi

.

            Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Kampus II Universitas Andalas Payakumbuh,. Acara diikuti dengan tertib oleh peserta. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi. Selanjutnya, narasumber yang dalam hal ini penulis selaku Pejabat Pengembang Teknologi Pertama mempresentasikan materi yang akan disampaikan. Materi focus pada penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran interaktif. Selanjutnya dilakukan demo penggunaan Kahoot kepada peserta. Suasana terasa terbuka dan hangat karena penggunaan Kahoot bermaterikan hal-hal sederhana, tapi bersifat kompetitif. Selanjutnya dilaksanakan diskusi tentang teknis pembuatan materi di Kahoot.

                                           

                                                            Sosialisasi Pembelajaran Menggunakan Kahoot pada Mahasiswa Managemen

               Sesi diskusi cukup banyak pertanyaan baik peserta. Rasa keingintahuan peserta cukup tinggi, hal tersebut tercermin dari beberapa pertanyaan mereka lebih mengarah kepada teknis aplikasi Kahoot.. Dari hasil kuisioner yang disebarkan pada peserta menyatakan: pada dasarnya peserta memahami materi yang diberikan dan bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan mereka di bidang media pembelajaran yang interaktif menggunakan aplikasi Kahoot. Mahasiswa yang dalam hal ini sebagai peserta sosialisasi juga mengharapkan kegiatan semacam ini dapat dilakukan di masa mendatang.

Read 545 times