Mahasiswa Dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh Raih PIMNAS Tingkat Nasional

Payakumbuh| www.kampus2.fekon.unand.ac.id

Rabu /8/11/2023| PKM Riset Sosial Humaniora merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat. PKM-RSH menitikberatkan pada unsur kreativitas dan inovasi yang bermanfaat dan berguna dalam memberikan jawaban atas permasalahan yang diangkat dengan gabungan antara bidang sosial dan humaniora yang memiliki objek riset pada fenomena sosial dan perilaku manusia yang dapat ditemui dalam kehidupan bermasyarakat Sebagai contoh riset yang dilakukan adalah fenomena sosial interaksi dalam kehidupan bermasyarakat seperti bidang ekonomi, psikologi, sosial, pendidikan, manajemen dan politik. Bidang humaniora lebih berfokus pada aspek dasar perilaku dalam kehidupan 3 masyarakat, seperti perkembangan budaya, seni, filsafat, adat istiadat, sejarah, kepercayaan atau agama, hukum dan nilai-nilai. Penggabungan antara sosial dan humaniora menggunakan paradigma penelitian berupa hubungan sebab-akibat, deskriptif konklusif, fenomenologi, hermeneutik, pascakolonial, positivistik, historis, struktural, pengembangan, dan sebagainya sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

 Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Universitas Andalas kampus Payakumbuh melakukan riset penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Pelarangan Ekspor dan Pajak Ekspor Tembaga di Indonesia dengan GTAP Model” dengan Dosen Pembimbing Putri Ayu, SE., M.Sc merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh. Dengan Anggota Tim yang diketuai oleh Farel dan anggota nya yang terdiri dari Aldi, Fandi dan Ria merupakan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh. Telah meraih PIMNAS ke 36 Tahun 2023.

 

 

 

 

 

 

 

Read 899 times Last modified on Senin, 19 Februari 2024 09:07