FEB UNAND Gelar Penyerahan Ijazah Periode Wisuda III Tahun 2022

18 Juli 2022

     

Pada tanggal 16 Juli 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) mengadakan acara penyerahan ijazah wisudawan/ti periode Wisuda III Tahun 2022.

 

Acara penyerahan ijazah wisudawan/ti FEB UNAND dilaksanakan setelah prosesi Wisuda III tingkat Universitas pada tempat yang sama yaitu di gedung Auditorium Unand. Sebanyak 207 orang lulusan FEB UNAND diwisuda oleh Rektor, Prof. Dr. Yuliandri, SH., MH. Wisudawan/ti FEB UNAND terdiri dari 1 lulusan Prodi Doktor, 3 lulusan Prodi Magister, 87 orang lulusan Prodi Sarjana dan 116 orang lulusan Prodi Diploma III.

Penyerahan ijazah selain diikuti oleh pimpinan dan pengelola FEB UNAND, juga dihadiri oleh Dr. Syahril Ali, SE., M.Si., CA., Ak., CPA selaku Ketua Senat Akademik FEB, dan Prof. Dr. Saldi Isra, SH., MPA sebagai perwakilan orang tua wisudawan/ti.

Prof. Saldi Isra dalam sambutannya mengatakan bahwa wisuda merupakan akhir dari proses pendidikan yang diterima di FEB UNAND dan juga merupakan sebuah awal dari tantangan baru yang tidak kalah rumit dan peliknya dibandingkan menyelesaikan pendidikan yang telah diselesaikan.

“Apapun predikat lulusan yang diterima hari ini, itu semua tidak akan ada manfaatnya, kalau kemudian anak-anak kami yang hari ini diwisuda tidak bisa memanfaatkan secara optimal ilmu yang diperoleh di bangku kuliah untuk menghadapi tantangan ke depan” kata Prof. Saldi Isra dihadapan wisuduwan/ti FEB UNAND.

Setelah penyampaian sambutan dari perwakilan orang tua wisudawan, acara penyerahan ijazah FEB UNAND pada Wisuda III Tahun 2022 dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Dekan FEB UNAND,  Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM., Ak., CA., CRGP

Dekan FEB UNAND, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpindahan tali toga dari kiri ke kanan bukan hanya sekedar simbolis, namun memiliki makna tersirat di dalamnya. Selama menempuh perkuliahan para wisudawan dominan menggunakan otak kiri untuk berpikir, ketika wisuda tali toga dipindahkan ke kanan menyiratkan bahwa wisudawan diserahkan kembali menjadi bagian masyarakat dan berkiprah menerapkan ilmunya.

“Kami pindahkan tali (toga) dari kiri ke kanan sebagai tanda Kami sudah siap dan merasa bangga sekaligus bersyukur bahwa Ananda semuanya siap terjun ke dalam masyarakat. Perpaduan antara otak kiri dan otak kanan” ujar Dekan FEB UNAND.

Dekan juga menyampaikan bahwa untuk meraih kesuksesan di pasar tenaga kerja diperlukan 4 C yaitu; Creative; Critical thinkingCollaboration; dan Communication.

 

Read 475 times