Launching Nama Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Andalas

15 Juli 2022

                              

             

Launching perubahan nama Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FEUA) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) dilakukan pada tanggal 14 Juli 2022 di gedung Convention Hall Universitas Andalas.

 

Acara launching nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH. Rektor dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas peluncuran nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas.

Rektor menjelaskan bahwa usulan perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah mendapat persetujuan dari Senat di tingkat Fakultas dan Senat Akademik Universitas. Proses usulan perubahan nama telah berlangsung sejak tahun 2019 hingga 2021 di tingkat Kementerian.

Setelah UNAND resmi menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Tahun 2021, UNAND memiliki otonomi di bidang akademik dan non-akademik. Perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Andalas Nomor: 441/KPT/R/PTN-BH/UNAND/2022 tanggal 25 April 2022.

Dekan FEB UNAND Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM., Ak., CA., CRGP dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa perubahan nama sebuah fakultas bukanlah hal baru. Perubahan nama telah terjadi sebelumnya di fakultas-fakultas ekonomi di Indonesia.

“Perubahan nama ini sebenarnya sudah lama dibicarakan di lingkungan kita dan banyak diskursus diskusi yang terjadi, bahkan sebenarnya sejak Pak Dekan Tafdil Husni itu sudah ada keinginan untuk melakukan perubahan nama kita” tambah Dekan.

Berdasarkan pidato Dekan, perubahan nama Fakultas Ekonomi (FE) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu; untuk mendukung proses internasionalisasi, lebih tepat secara akademik, Keputusan Dirjendikti tahun 2020 tentang daftar nama Program Studi dan gelar kesarjanaan, FEB diadopsi oleh sebagaian besar Perguruan Tinggi, dan selaras dengan kebijakan MBKM.

Dekan juga menyampaikan bahwa dalam menyambut perubahan nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan ada transformasi-transformasi berikutnya. “Semoga kita di Universitas termasuk insan yang tidak resisten terhadap perubahan, karena orang intelektual orang yang selalu open minded terhadap perubahan-perubahan yang ada di lingkungan kita” ujar Dekan.

Pada acara launching nama FEB UNAND, Dekan juga memaparkan mengenai milestone FEB menuju visi 2028, penguatan pascasarjana FEB sebagai backbone, rencana pembukaan tiga prodi baru dan akreditasi internasional untuk Prodi Doktor Ekonomi, Prodi Doktor Ilmu Manajemen dan Prodi Master Ekonomi.

Acara peluncuran nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) dimeriahkan dengan pemutaran video dan teatrikal sejarah FEB UNAND, penyerahan apresiasi kepada dekan-dekan FEB periode sebelumnya, dan penyerahan FIBAA Seal oleh Wakil Rektor I UNAND kepada Ketua Departemen Ekonomi, Ketua Departemen Manajemen dan Ketua Departemen Akuntansi.

 

Read 571 times